Virtualbox on Ubuntu

Assalamualaikum.

iseng nyobain virtualbox di ubuntu. berikut ini sisa dokumentasi untuk bisa dijadikan cara menginstall virtualbox di ubuntu.

oke langsung aja la…

1.melalui terminal, Instalasi paket virtualbox.

sudo apt-get install virtualbox

2. setelah proses install selesai, kelihatannya sih lancar2 saja. dan langsung saya coba menjalankan virtualbox, dan ………..ERROR..virtualbox mengharuskan saya menginstall paket pendukung yaitu :

virtualbox-ose-modules-2.6.24-19-generic

3. untuk mengetahui kernel yang ubuntu kita, lakukan dengan cara menetikkannya pada terminal sperti berikut ini:

[kul@kul ~]# uname -r

atau

[kull@kul ~]#cat /proc/sys/kernel/osrelease

4. ternyata masih juga ada error swaktu menjalankan virtualbox. yang intinya saya harus memasukkan username saya dalam grup vbox. Tinggal masuk ke Menu System – Administration – User & Groups . Pada bagian manage Groups, saya memilih vboxuser dan memberikan tanda centang untuk username yang saya gunakan. Kalo nggak bisa diedit, pastikan telah melakukan unlock untuk editing.

5. saya coba menjalankan virtualbox, eh gak bisa. malah yang muncul sperti ini

The VirtualBox kernel driver is not accessible to the current user. Make
sure that the user has write permissions for /dev/vboxdrv by adding them
to the vboxusers groups. You will need to logout for the change to take
effect..

solusi nya dengan mengetik :

sudo chmod 777 /dev/vboxdrv

6.  saya coba lagi menjalankan virtualbox, dan akhirnya berhasil. saya langsung membuat virtualbox untuk guest Windows XP ( artinya Windows XP jalan didalam Ubuntu ).

7. kemudian saya mengatur agar untuk instalasi Windows XP ini saya hanya menggunakan file image ( Yah sekalian coba file Windows Dark Edition yang baru saya download ). Jadi untuk settingan CD/DVD Drive saya memilih option ketiga yaitu ISO file. Saya tinggal mengarahkannya ke t4 file iso yang saya simpan.

8.langsung start ke windows OS yang say buat td. Mulai dari proses booting sampai instalasi XP seperti biasa. tidak ada yang berbeda.

sekian dulu.. sbenarnya msih banyak konfigurasi lainnya. insyaAllah lain ksempatan saya post.


Komentar

3 tanggapan untuk “Virtualbox on Ubuntu”

  1. keren bro. kalo saya masih kebalikannya. menjalankan Linux di window 😆

  2. trims Mr. Hari
    saya belakangan mencoba virtual PC 2007 untuk menginstall mikrotik. tapi gak sukses..
    gagal maning mlulu…:D

  3. kalo install gitu membutuhkan ruang hardisk ga sih?

Tinggalkan komentar