Air Traffic Controller

Semakin masive perkembangan teknologi informasi melalui pelbagai platform sosial media menjadikan informasi apapun mudah untuk diketahui oleh pengguna. Saat ini banyak netijen telah mengetahui apa dan siapa itu Air Traffic Controller.

Air Traffic Controller adalah sebuah profesi yang bertanggung jawab mengatur pergerakan pesawat disuatu bandara dan mengatur lalu lintas pesawat di angkasa. Pemberian layanan oleh seorang ATC dilakukan di ground yang langsung terhubung ke semua pilot melalui radio frekuensi airband di dalam ruang udara terkendali, sedangkan diruang udara tak terkendali seperti didaerah terpencil yang jauh dari jangkauan radio maka layanan tetap diberikan dalam bentuk pemberian informasi penerbangan yang pilot butuhkan.

Di indonesia para ATC bekerja mayoritas disebuah perusahaan milik negara yang berorientasi sebagai penyedia layanan navigasi penerbangan. sebagai single provider navigasi, Airnav Indonesia menjangkau ruang udara dari diatas pulau benggala kabupaten aceh besar, yakni kabupaten paling barat indonesia hingga muara torasi di kabupaten merauke, sedangkan batasan titik utara terjauh indonesia terletak di pulau rondo kota sabang dan Miangas di sulawesi utara hingga pulau ndana di kabupaten rote ndau di provinsi NTT.

IATCA adalah perkumpulan ATC diseluruh indonesia dan setiap negara punya assosiasi ATC yang terhubung dengan organisasi ATC sedunia bernama IFATCA.


Komentar

Tinggalkan komentar