Tips Calon Penumpang Pesawat

Sebentar lagi kita akan memasuki musim liburan anak sekolah, lumrah terjadi kepadatan penumpang menyesaki setiap moda transportasi. Salah satu nya berpergian menggunakan transportasi udara. Berikut ini beberapa tips dan hal-hal yang perlu diperhatikan bagi anda calon penumpang dan penumpang pesawat terbang.

Membeli tiket biasanya tidak menjadi kendala bagi calon penumpang. Walaupun demikian tetap diperhatikan dimana anda membeli. Belilah di tempat resmi masing-masing maskapai, seperti di kantor cabang nya, counter ticketing di bandara, travel agent terpercaya, atau di web tiap-tiap maskapai tersebut. Jangan membeli tiket di Calo, karena selain lebih mahal, nama anda bisa saja dipalsukan.

Kemudian cetak tiket anda, ini biasanya kalau kita booking tiket sendiri, sebagai antisipasi jangan lupa file cetakan itu disimpan di smartphone melalui berbagai aplikasi seperti email, google drive, dropbox dsb.

image

Ilustrasi Check-in Tiket dan Bagasi

Tentang check-in sangat penting sekali diperhatikan. Biasanya dua jam sebelum jadwal penerbangan adalah waktu yang sering untuk check-in, namun alangkah baiknya mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :
1. Bila maskapai yang anda percayakan memiliki internet check-in/web check-in maka berdayakan lah. Agar anda tidak perlu lagi mengantri panjang dengan tumpukkan barang-barang di troli penumpang lain. Karenanya pihak maskapai telah menyiapkan counter khusus bagi penumpang yang sudah check-in via internet. Jadi anda tinggal drop baggage saja. Diperhatikan juga jika anda merasa tidak me request seat kelas bisnis atau asuransi, karena akan menambah tarif dari harga tiket awal.

2. Selain itu kini pihak maskapai telah menyediakan Check-in City di pusat kota atau ada juga counter Check-in di beberapa hotel buka 24 jam. Hal ini untuk memudahkan akses calon penumpang menuju bandara mencegah akan macet. Sekaligus bisa memilih secure window seat (dekat jendela).

3. Dari kedua point diatas, calon penumpang harus melakukan konfirmasi check-in kembali sebelum memasuki ruang tunggu. Hampir sebahagian besar maskapai bisa General Check-in di Counter mana saja atau ada counter khusus bagi yang sudah check-in via internet. Last Minute Check-in sering terjadi akibat calon penumpang tidak memahami prosedur diatas.

Saat hari H datanglah ke bandara lebih awal, karena anda akan berjuang dengan seabrik barang mewelati X-tray Scanner dan tumpukan barang penumpang lain menuju antrian check-in. Aturlah bobot barang anda sedemikian rupa. walaupun free baggage hanya 20 Kg, jika anda ingin membeli 40 kg bagasi nantinya dipisahkan kedalam dua tempat, maka tetap untuk setiap barang itu beratnya 32 Kg. Jika isi barang anda ada sesuatu yang mudah pecah, mintalah stiker Fragile kepada petugas check-in. Sedangkan bagasi kabin yang diperkenankan masuk kedalam pesawat sebesar tas Laptop atau bobot 9 Kg.

Setelah itu anda bisa ke konter PSC membayar Airport Tax. Untuk maskapai Garuda biasanya PSC sudah include dengan tiket, sedangkan maskapai LCC biasanya membayar terpisah secara cash.

Masuklah ke waiting room maksimal 30 menit sebelum jadwal pesawat anda terbang, bersabar sampai petugas informasi mengumumkan waktu masuk gate melalui pintu depan untuk seat-seat dibarisan depan dan melalui pintu belakang untuk seat buritan pesawat. Sebelum masuk pastikan semua komunikasi sudah anda lakukan, karena tidak diperkenan lagi menggunakan media elektromagnetik didalam kabin pesawat.

Nah sebelum lepas landas anda akan mendengar pengumuman dari pramugari “MOHON PERHATIAN ANDA SEBENTAR, SESUAI PERATURAN PENERBANGAN SIPIL INTERNASIONAL BLA..BLA..” disambut beberapa saat dengan demo keselamatan dan penggunaan peralatan emergensi jika kemungkinan terburuk terjadi.. alangkah baiknya disimak demo ini, walaupun anda sudah sering melihat. Lebih baik mengantisipasi. Safety is expensive.

Begitu juga tentang penggunaan perangkat elektronik. Jika handphone anda sudah terdapat mode “In Flight” boleh diaktifkan, perangkat lain seperti PSP, WALKMAN, IPOD, KAMERA di non-aktifkan sampai pesawat telah memasuki ketinggian jelajahnya. Ini anda aktifkan biasanya mendengar musik, menonton video atau selfie di kabin. Pastikan kembali semua perangkat ini di Off kan kembali pesawat bersiap turun beberapa saat hendak landing.

Sekian tips ringkas diatas, keselamatan di dalam pesawat bukan hanya tanggung jawab, pramugari atau pilot. Tetapi penumpang juga mempunyai andil agar perjalanan terbang anda selamat lancar sampai tujuan.

Posted from WordPress for Android

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s