Restricted Area in Cockpit

Area yang terpenting di pesawat terbang adalah Kokpit. Kokpit menjadi bagian vital dari sebuah pesawat karena di ruangan ini sebagai pusat aktivitas dan sebagai pusat pengendali keseluruhan sistem navigasi oleh Pilot dan Co-pilot, sehingga ruangan ini terbatas (Restricted) bagi siapapun, termasuk Crew, awak kabin selain Pilot dan Co-pilot.

Karena begitu private nya ruangan kecil berukuran kira-kira 2×2,5. Maka akses keluar masuk hanya di ijinkan oleh pilot dan co-pilotnya. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan ancaman teroris atau pembajakan dan sekaligus sterilisasi dari orang yang tidak berkepentingan. Selain itu terdapat kamera pengawas khusus memonitor keadaan diluar pintu kokpit yang ukuran display nya hanya seuukuran Smartphone.

image

Selanjutnya jika terjadi kemungkinan terburuk pilot akan memberitahukan kepada ATC terdekat dengan mengganti Squawk 7500 sehingga ATC bisa memberikan prioritas paling penting diantara semua trafik. Bahkan jika pembajak telah masuk, pilot bisa menggunakan sandi khusus kepada ATC yang tak disadari pembajak.
Dalam komunikasi radio telepony pesan yang disampaikan pilot seperti di bawah ini :

MAYDAY GIA 190 SULTAN 05.06 NUMBER ONE ACTION ALPHA

Pesan diatas jika diartikan secara bahasa yakni Garuda Indonesia 190 akan sampai di bandara Sultan pukul 05.06 waktu UTC. NUMBER ONE mengisyaratkan bahwa pembajak menggunakan bahan peledak, NUMBER TWO pembajak bersenjata api dst. Sedangkan ACTION ALPHA berarti melawan pembajak. Info ini yang akan diterima oleh ATC dan
mengkordinasikan nya kepada pihat terkait.

Banyak kasus yang pernah terjadi berhubungan keamanan di dalam kokpit. Yang terbaru adalah ulah Matt Christopher di dalam pesawat Virginia Blue yang terbang dari Brisbane Australia menuju Denpasar, Bali. Matt Christopher mencoba masuk ke dalam kokpit, walapun tidak berhasil namun pilot sudah terlanjur menganggap ini ancaman serius sehingga menurut prosedur, pilot merubah transponder sebelumnya menjadi 7500. Sejauh ini belum ada hasil penyelidikan baik keterangan dari Matt Christopher selaku pelaku maupun dari Pilot/Co-Pilot dan awak kabin.

Dunia penerbangan memang menjadi sorotan dunia paska hilangnya pesawat malaysia MH370 yang sampai detik ini belum jelas penyebab dan keberadaanya. Kaitannya dengan kasus Virginia Blue di denpasar membuat perhatian dunia kian serius walaupun pada akhirnya kasus tersebut bukan murni pembajakan tapi hanya ulah si pemabuk Matt Christopher yang mencoba masuk ke kokpit. Begitupun pemberitaan media sempat terfokus selama beberapa jam menyaksikan detik-detik pesawat ini landing dan diamankan oleh pihak terkait.

Posted from WordPress for Android

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s