Traffic Light di Langit

image

Seperti halnya jalan raya, di ruang udara juga memiliki jalur-jalur yang disebut “route”. Ada juga titik perpotongan antara masing-masing jalur atau saat-saat pesawat harus mengurangi kecepatan dengan muter-muter di langit untuk mendapatkan antrian mendarat. Walaupun ruang udara itu luas, bukan berarti tidak mempunyai batas untuk dilewati pesawat begitu saja. Sehingga ada istilah bagi pengatur lalu lintas udara.

the sky is vast, but there is no room for error

terdapat banyak kesamaan dengan moda transportasi darat. Namun ada juga yang berbeda seperti adanya lampu merah. bisa dibayangkan bagaimana pesawat komersil seukuran Boeing bisa berhenti konstan di udara seperti yang divisualisasikan dalam film-film Hollywood itu.. sayangnya teknologi saat ini belum mampu untuk menerapkannya.

Sebenarnya pesawat telah membuat traffic light sendiri lho. Contoh Pertama penerapan lampu merah antar pesawat. setiap pesawat komersial produksi Boeing dan Airbus memiliki sorotan lampu hijau di sayap sebelah kanan dan sorotan lampu merah di sayap disebelah kiri. Fungsinya adalah ketika ada dua pesawat akan bertemu di titik perpotongan, misalnya saja pesawat A dan B didarat, pesawat A melihat pesawat B disisi kiri, maka A melihat sinyal lampu warna hijau di sayap B, artinya A dipersilahkan melanjutkan pergerakan. Sebaliknya B melihat posisi A ada disebelah kanannya dengan lampu merah disayap artinya B mengurangi kecepatan memberikan kesempatan buat A.

image

Contoh kedua adalah penerapan traffic Light pesawat dengan tower. ketika si pesawat mengalami gangguan komunikasi seperti tidak bisa menerima instruksi radio dari menara tower, maka tower menembakkan sinar hijau ke arah pesawat mengisyaratkan pesawat diberikan clearance untuk mendarat. Ada warna merah steady, merah berkedip dan putih, masing-masing memiliki arti buat menuntun pesawat apabila mengalami gangguan pada radionya.

The last, didarat ada polantas apakah di udara juga ada? Pastinya tetapi bukan polisi.🙂 Di amerika, saat jam-jam sibuk, terdapat 5000 jumlah pesawat yang mondar-mandir dilangit amerika. Oleh karena nya jalur transportasi udara juga membutuhkan pengatur lalu lintas di udara untuk menjamin agar tidak ada tabrakan satu sama lain dan memberikan informasi yang dibutuhkan pesawat. Oleh dunia profesi ini disebut Air Traffic Controller (ATC).
image

Posted from WordPress for Android

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s