Umah Pitu Ruang di Gayo

wpid-2013-11-15-09.38.24.png

Perkampungan di Gayo sebelum masa kemerdekaan

Beginilah dahulu perkampungan di Gayo, Aceh Tengah. Rumah-rumah panggung ini sebelumnya  banyak temukan sebelum kemerdekaan Republik Indonesia sebelum tahun 1940-an. Karena perubahan sosial masyarakat sehingga berangsur-angsur rumah khas Gayo ini hilang begitu saja.Nenek saya menceritakan bahwa dulu pernah terjadi kebakaran hebat yang menghanguskan semua rumah panggung itu hanya dalam beberapa jam saja. Kala itu nenek saya masih remaja dan pada masa itu musimnya semua warga kampung turun ke sawah untuk bersama-sama memanen padi, dalam Adat Gayo disebut “Resam Munoling”. Sehingga saat ini tidak ada lagi rumah panggung yang tersisa di Desa Nosar, Kec. Lut Tawar.

Rumah Adat diatas disebut “Umah Pitu Ruang” yang didalam bahasa Indonesia berarti “Rumah Tujuh Ruang” rumah ini berbentuk panggung yang terdiri dari tujuh ruang di atas, sedangkan dibawah nya difungsikan sebagai tempat penyimpanan perkakas pertanian dan kayu bakar. Tujuh ruang digunakan untuk masing-masing keluarga. Jadi satu rumah ini terdiri dari beberapa atau sampai Tujuh keluarga yang merupakan satu keturunan. Masing Ruang tersebut seperti rumah pada umunya memiliki dapur tersendiri.

Di bagian depan rumah atau serambi, dijadikan tempat berkumpul satu keluarga besar, tempat melakukan aktifitas seperti membuat tikar, anyaman-anyaman bahkan mengambil kutu di rambut. Bagian atap dibuat dari Daun Serule. dan Setiap bentuk, bahan, dan tektur yang terdapat pada Umah Pitu Ruang mempunyai makna filosofi dalam kehidupan adat dan syariat Islam warga dataran tinggi Gayo.

Kini rumah adat Gayo ini tinggal satu saja di desa Toweren Kec. Lut Tawar, rumah dari sebuah kerajaan kecil yang kondisi nya sangat memprihatinkan karena tidak ada yang merawat. sisanya adalah rumah panggung dibawah  sebagai tempat budaya berkumpulnya kelompok melakukan latihan musik dan lain-lain yan.

Umah Pitu Ruang di Toweren. sumber: Win Ruhdi Bathin

Umah Pitu Ruang di Linge. sumber : fajriboy

2 pemikiran pada “Umah Pitu Ruang di Gayo

  1. belum pernah masuk ke rumah tradisional gayo, kayaknya seru nih apalagi kalau ada acara adat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s