Review Film ‘Spirited Away’

image

Directed by     Hayao Miyazaki
Produced by     Toshio Suzuki
Written by     Hayao Miyazaki
Studio        Studio Ghibli
Release date(s) July 20, 2001
Running time     124 minutes
Country     Japan
Language     Japanese

Masa kecil kita tak lepas dari film kartun, generasi kelahiran 80-an pasti pernah menikmati kartun di minggu pagi di stasiun swasta, kecuali bagi yang teman-teman tidak punya TV. maafkan saya bukan maksud membedakan.🙂

Pada perkembangannya film animasi masuk di jajaran film box office dengan potensi komersial tak kalah dari film bersetting realcast. sejumlah produsen animasi Hollywood ternama seperti Walt Disney, Pixar, Sony dan Warner Bros merajai produksi film animasi dunia. ternyata tak hanya itu salah satu produsen film animasi jepang membuktikan karyanya juga mampu bersaing skala dunia.
Hayao Miyazaki adalah seorang maestro animasi jepang menghasilkan animasi papan atas dunia yang diperhitungkan bersaing dengan film keluaran Hollywood seperti Ice Age, Finding nemo, kung fu Panda. dll. melaui karya nya berjudul Spirited Away (2001). sedikit tentang Hayao Miyazaki, dia adalah sineas animasi kualitas terbaik di negaranya, karya nya sudah banyak mulai dari tahun 1980 sampai terakhir tahun 2008, namun saya baru menikmati karya nya yg berjudul Spirited Away.

 

Sebelumnya saya menyepelekan film ini, padahal saya sudah tahu film ini berada di rangking teratas menurut rating IMDB, itu lho situs yang berisi profil semua film dunia. karena film jepang saya malah mengabaikan film ini. apalagi ketika melihat cover nya seperti gambar film kartun jadul tahun 80-an. barulah ketika saya kenal dengan Michael Tielmen, bule kere asal inggris temannya Ria, karena dimintai tolong menemani bule ini saya akhirnya berdiskusi tentang film terbaik dunia. si bule menuliskan di secarik kertas beberapa film dan salah satunya Spirited Away sambil mengacungkan jempol dan memuji film ini, pada saat itu jadilah ini list film yang akan saya tonton.

Spirited Away mengisahkan seorang anak yang bernama Chichiro bersama kedua orang tuanya tersesat salah jalan sampai disebuah bukit seperti kuil. setelah mereka jalan memasuki area pertokoan tradisional, kedua orang tua digoda dengan hidangan makanan setiap kedai sepanjang jalan, namun tak tampak seorangpun, Chichiro yang sedari awal berjalan takut sempat memperingati oran tuanya, karena lapar kedua orang tua Chichiro melahap makanan tanpa meminta ijin, akhirnya kedua orang tua berubah menjadi babi seperti hewan pada umumnya, kedua orang tuanya sudah tak sadar lagi. merasa ketakukan Chichiro berlari sampai bertemu dengan Haku yang dapat berubah menjadi Naga jantan.

Tokoh lain adalah seorang penyihir bernama Yubaba yang mempunyai bisnis pemandian bagi para dewa. untuk menjalankan bisnisnya ini Yubaba memperkerjakan siapapun yang masuk ke daerah itu tanpa ijin, orang yang masuk ke tempat tersebut biasanya orang tersesat  dan kelaparan memcicipi makanan-makanan yang tanpa dijaga sehingga hukuman nya adalah orang tersebut berubah menjadi babi seperti yang dialami orang tua Chichiro. ditempat ini arwah-arwah dan dewa-dewa akan keluar pada malam hari, Haku menyadari waktu yang semakin gelap membantu Chichiro menyamar terlebih dahulu ke dalam kuil pemandian untuk menghindari pesuruh Yubaba yang kejam.

Chichiro mendapatkan petualangan baru ketika berada didalam istana pemandian tersebut seperti terpaksa bekerja dengan kakek tua yang memiliki enam tangan untuk mengatur sumber energi listrik satu bangunan itu. tanpa disadari ternyata ada arwah yang mengikuti Chichiro, si arwah senang dengan chichiro sampai petugas kuil pemandian dibuat kerepotan oleh ulah arwah ini. membayangkan diikuti arwah hitam berwujud tidak jelas rupanya, sosoknya bisa kapan saja ada disekitar kita, semua itu horor untuk dibayangkan. yang mengagumkan adalah plot yang simpel sedemikian rupa dengan penempatan daya imajinasi seorang anak berumur 10 tahun.

Disini Miyazaki membuat penokohan karakter Yabuba yang antagonis menjadi ambigu. biasanya penokohan di film keluaran Hollwood penokohan sudah di plot, tokoh baik akan memainkan peran baik dan penokohan antagonis selalu digambarkan begitu jahatnya. tapi tidak buat Yabuba, walaupun dia pemilik bisnis memperkerjakan tawanan nya tanpa kompromi, yabuba memiliki Anak, Bayi raksasa yang sangat dimanja oleh Yabuba. apapun akan dia lakukan untuk menghentikan tangisan anaknya itu. artinya dibalik sosok kejam juga terdapat sifat penyayang seorang ibu tua pada anaknya.

Imajinasi Miyazaki membuat sebuah tempat terlepas dari hiruk pikuk kesibukan masyarakat jepang. tempat ini di komersialkan menjadi tempat pemandian umum bagi para dewa dan arwah lainnya. seperti dunia manusia saja, dewa itu diberikan pelayanan mandi air panas, mandi sauna dan pijat refleksi. dari tampilan teknologi animasi sebenarnya kualitas tidak semodern hollywood, film ini berformat 2 dimensi. ternyata pembuatan animasi nya hanya mengandalkan Hand Drawing. namun Miyazaki membuktikan bahwa kekuatan cerita menjadi faktor utama untuk memikat penonton.

Spirited Away yang memenangkan Film animasi terbaik Oscar ini punya durasi panjang dan beresensi. di dalamnya terdapat tokoh-tokoh monster yang disajikan menyeramkan tapi lucu, bagi saya Spirited away adalah film animasi jepang yang paling impresif. mengerikan rasanya kalau kita memiliki petualangan seperti tokoh Chichiro di film ini.🙂

image

Sebagai penikmat film, saya sedikit selektif dalam memilih film yang akan ditonton, karena sangat rugi waktu jika meluangkan waktu menonton film yang tidak ada sama sekali bagus-bagusnya. sepertinya untuk mengetahui lebih jauh silahkan menikmati film ini.🙂

Sumber : wikipedia dan IMDB

Posted from WordPress for Android

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s