First Site

image

Di Bordes 1 tanpa alas kaki

Inilah impian saya sejak duduk di bangku kuliah, tepatnya di tahun ketiga. Termotivasi dari perangkat antena yang sering digunakan untuk praktikum Dasar Telekomunikasi di laboratorium Telkom serta beberapa blog alumni STT Telkom yang telah bekerja di  bagian RF engineer di vendor-vendor ternama, membuat saya berkeinginan suatu saat ingin bekerja sebagai RF Engineer. Setelah menyelesaikan studi S1 saya diterima bekerja di perusahaan Korea, vendor perangkat Telekomunikasi Seluler  di jakarta dan alhamdulillah ditugaskan untuk project optimasi jaringan RF Smartfren area Aceh.

image

Site Syiah Kuala 1

Tower BTS diatas adalah tower pertama yang saya panjat sampai ke puncak tower. Nekatnya memanjat tanpa menggunakan alas kaki apapun. Bahaya? Tentunya. Saat itu saya tidak punya persiapan untuk naik ke atas, hanya bermodalkan keberanian saja. Sampai teman sekaligus menjadi Koordinator Engineer area Aceh memastikan kembali niat itu, menjelaskan semua resiko yang mungkin saja terjadi. karena saya tidak memakai perlengkapan keselamatan seperti Body Harnes dan sepatu. namun faktor penasaran kadung di ubun-ubun jadi  saya memberanikan diri, Bismillah..

Lokasi tower BTS diatas berlokasi di Desa Tungkop Barat daya dari Komplek kampus Darussalam, kec. Syiah Kuala Kota Banda Aceh. tipe BTS ini T8000 buatan Samsung , Dual band 800 dan 1900. Ketinggian BTS 45 meter  dengan nama site ACH_02N641 atau Syiahkuala1. Untuk azimuth tidak ada perubahan. Sedangkan terdapat perubahan pada Mechanical dan Tilting setiap antena sektor di atas.

M- Tilt E- Tilt 800 E- Tilt 1900 2 0 0 2 0 0 2 2 2

M- Tilt (after) E- Tilt 800 (after) E- Tilt 1900 (after) 2 1 0 2 3 0 1 0 1

Sekilas mengenai dual band 800 dan 1900 adalah frekuensi pada teknologi CDMA, jelas nya sangat berbeda dengan teknologi GSM. Perbedaan antara 800 dan 1900 terletak pada range pita frekuensi yang berhubungan pengaturan spektrum penggunaan frekuensi oleh pemerintah. Lebih jauh perbedaan keduanya memang ada, mana yang lebih unggul dsb, namun saya tidak membahas itu lebih detail. Sedangkan untuk perubahan mekanikal dan tilting yang dimaksud adalah perubahan posisi antena secara vertikal, seberapa besar tunduk dan tegak nya masing-masing antena menghadap ke area yang dicover.

image

Antena Sektoral BTS

Posted from WordPress for Android

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s