Contrail si Jejak Pesawat

image

Kondensasi mesin Jet

Pernah kah anda melihat fenomena dilangit biru pesawat terbang melintas diikuti dengan gumpalan awan membentuk garis lurus? Nah Jejak lintas pesawat tersebut biasa nya terjadi dalam waktu singkat, Terkadang kita hanya melihat sisa garis awan yang perlahan-lahan mengabur, menyatu dengan awal lain disekitarnya.

image

Garisan Awan kondensasi

Sewaktu kecil saya menganggap itu roket atau pesawat antariksa sedang mencoba menembus langit bumi untuk sampai ke luar angkasa. Saat sedang asyik bermain misalnya, kita sering tidak menyadari ada barisan awan tipis di langit, sehingga salah seorang teman berseru mengatakan “lihat ada Roket” sembari menunjukkan ke arah langit biru, kita pun melihat ke arah yang sama. Setelah melihat sekejap kemudian bermain kembali. Namun sesekali ini menjadi jebakan buat orang lain, di saat asyik bermain, teman mengagetkan “lihat ada Roket lagi” ternyata hanya tipuan, teman tersebut senang karena telah berhasil mengerjain teman lainnya.

Gumpalan awan lurus itu disebut ”Contrail”. Contrail merupakan singkatan dari Condensate Trail artinya jejak Kondensasi dari sisa pembakaran mesin Jet pesawat terbang. Proses pengupan dari gas buang Jet pesawat membeku, sehingga membentuk kumpulan awan putih memanjang mengikuti jalur sebuah pesawat. karena pada ketinggian lebih dari 26.000 kaki atau 8000 meter tekanan udara sangat rendah sehingga sangat dingin. Di ketinggian ini suhu bisa mencapai -50 derajat Celcius atau -40 derajat Farenheit. Jenis Awas yang dihasilkan digolongkan kedalam Awan Cirrus, Cirrocumulus dan Cirrostratus.

image

Contrail

Komposisi Bahan bakar Avtur terdiri dari Hydro dan Carbon. Dalam proses pembakaran mesin Jet membuang Hydro dan Carbon. Hidrogen bereaksi dengan Oksigen yang tak terbakar keluar sebagai uap air dari mesin Jet, sedangkan Carbon bereaksi dengan Oksigen carbon Dioksida dan Carbon Monoksida. Namun pada ketinggian lebih dari 8000 meter Hidrogen bercampur dengan Oksigen langsung terkondensasi menjadi butiran Air Es sehingga membentuk jejak bagaikan Awan Cirrus.

Selain itu Wing Tip Pesawat yakni lekukan pada ujung pesawat juga menciptakan jejak kondensasi, karena pada ujung lekukan dalam keadaan terbang menciptakan Vortek Turbulensi dimana ada daerah yang memiliki tekanan yang tinggi sekali sehingga mampu mengkondensasi udara menjadi air.

image

Dari jenis pesawat yang mempu menghasilkan Contrail ini adalah pesawat Dua atau lebih Engine Jet. Seperti pabrikan Boeing dan Airbus bahkan pesawat tempur masa kini sering menciptakan kondensasi awan tersebut.

image

Pesawat Tempur

Gambar-gambar dibawah ini menunjukkan jejak kondensasi di langit dikarenakan kepadatan penerbangan komersial yang semakin meningkat. Terkadang jejak kondensasi sederhana yang keluar dari mesin jet-jet pesawat canggih abad ini menjadi pemandangan menarik, objek unik bagi photographer.

image

image

Dan banyak photo lainnya di google.🙂

Sumber : Contrail Wikipedia dan Gambar dari google.

Posted from WordPress for Android

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s