Raihan I’tiraf – Sebuah Pengakuan (doa taubat)

Musik bagi sebahagian orang adalah seni yang menghiasi hati dengan alunan nada antara lirik dan musik menjadikan hiburan bagi banyak orang. Namun alangkah indahnya kita mendengar musik yang mengingatkan kita pada Allah SWT, pemilik semesta alam Seperti sebuah lagu diatas dari grup nasyid malaysia Raihan yang berjudul al i’tiraf yang berarti “Sebuah Pengakuan”.

Grup Nasyid Raihan populer di akhir tahun 90-an dengan banyak lagu-lagunya kini jarang diperdengarkan orang. Lirik dari lagu ini berasal dari ungkapan mohon ampunan seorang ulama Abu Ali Al-Hasan ibnu Hani Al-Hakami, dengan nama samaran Abu Nawas.  Ulama besar termasyhur masa Khalifah Abasiyah Harun Al-Rasyid). Abu Nawas sangat disenangi banyak orang. Orangnya lucu, cerdik, dan cepat akrab. Sebagian besar riwayat mengatakan bahwa Abu Nawas adalah pemabuk. Tapi, biar dalam keadaan mabuk, dia tetap bisa menciptakan syair. Disinilah masa titik balik Abu Nawas sehingga dia mencurahkan dalam sebuah syair yang menurut saya luar biasa maknanya.

Seingat saya lagu ini ada versi video aslinya yang menggambar kan taubatnya seorang pemuda dan kepolosan seorang santri yang menangis menagkui kesalahannya, namun saya tidak menemukan video tersebut di Youtube. tidak hanya Raihan, Haddad Alwi juga menggubah lagu ini dengan versi piano, sangat soul untuk didengar. Alm. KH. Abdurrahman Wahid atau Gusdur juga membawakan syair ini dalam bentuk video.

Jika anda merasa nelangsa seperti kekosongan jiwa atau ingin merenungi apa yang telah anda lakukan hari ini, lagu ini menurut saya bisa sebagai muhasabah instan. Anda cukup mendengar kapanpun misalnya renungan diri di pagi dan setelah ashar atau sebelum tidur dengan membatin posisi kita sebagai mahkluk ciptaan Allah SWT.

Selamat menikmati..i hope this song can touch your heart.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s