Leave the one get the one

Short contract menjadi hal biasa terjadi jika anda bekerja di dunia telekomunikasi. Umumnya short contract disepakati antara tiga sampai enam bulan. Bagi perusahaan besar pemilik modal tidak terlalu dipusingkan dengan pengerjaan di lapangan karena sebagai tuan rumah sekaligus mandor, perusahaan tersebut mengawasi pekerjaan dan memanage target yang dikerjakan oleh perusahaan lain. sehingga karyawan mereka adalah karyawan tetap yang dibina secara manajerial.

Ini terjadi di short kontrak pertamaku. Saat itu aku kerja di perusahaan subcon korea bergerak di bidang telekomunikasi di divisi quality control, unit optimasi jaringan berbasis CDMA. Perusahaan tempat aku bekerja di Jakarta menugaskanku membantu tim yang sudah ada di aceh. Kontrak pertamaku disepakati berjalan tiga bulan pertama. Selama tiga bulan itu aku harus dituntut bisa menyelesaikan target perusahaan dan menunjukkan performa terbaikku. Aku sendiri tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, selain ini memang cita-citaku bisa berkerja di dunia telco aku juga bisa mengimplementasikan apa yang telah kudapat di bangku kuliah selama +- lima tahun.

Selama hampir tiga bulan tanggung jawabku berjalan dengan lancar. Sebagai Engineer Beginner banyak ilmu yang kudapat, belajar sambil bekerja dengan tim yang sudah terlebih dulu experd dengan experience bertahun-tahun. Tidak hanya transfe ilmu, transfer salary yang aku terima tiap bulannya juga tergolong tinggi untuk engineer kelas bawang seperti saya. Bahkan aku mudah membeli gadget yang cukup mahal. Namun belum genap tiga bulan aku sudah mendengar kabar tidak begitu baik. koordinator dan team leader ku di aceh menghebuskan isu-isu bahwa kemungkinan ada beberapa engineer di area yang di berhentikan secara hormat. Perusahaan sedang mengalami krisis keuangan di sisi lain tidak ada project baru sedangkan pengeluaran terus bertambah, ini diperburuk oleh pembayaran project per termin belum terselesaikan.

Apapun hasilnya nanti aku terima, kami tetap bersemangat menyelesaikan target dari Jakarta. Kupikir tidak baik memikirkan suatu hal yang belum pasti. Beberapa hari kemudian aku mendapat email langsung dari manager Mr. Chang, ekspatriat korea baru beberapa tahun di Jakarta. Ternyata beliau mem-forward ke semua engineer di area. Isinya adalah memberitahukan keadaan keuangan perusahaan yang sedang sakit, walaupun beliau tidak menyebutkan secara jelas ada rencana pemutusan hak kerja beberapa karyawan. Beliau juga menyemangati engineer agar tetap semangat dengan iming-iming bonus bila ada area yang memiliki performa bagus.

Tepatnya satu minggu sebelum liburan hari raya idul fitri, aku mendapat panggilan telepon dari Mr.Chang. pasti ada hal yang penting untuk disampaikan pikirku. English Mr. Chang ini sangat tidak jelas, pernah beberapa kali komunikasi di telepon, seakan-akan aku tidak bisa mendengar jelas apa yang beliau sampaikan. Namun dari yang beliau sampaikan, aku bisa menyimpulkan maksudnya. Dengan berat hati beliau harus memberhentikan beberapa karyawan dan aku salah satunya. Artinya kontrak ku hanya sampai tiga bulan pertama sesuai kontrak kerja ketika aku bergabung dengan PT. Monetec. Beliau memuji kinerja ku sebagai engineer fresh graduate dan meyakinkan bahwa aku adalah bibit potensial karakter engineer mereka. Aku sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan selama ini. Di akhir percakapan kami, Aku juga menyampaikan kesediaanku jika dilain kesempatan PT.Monetec membutuhkan Engineer di area manapun aku akan siap.

Akhirnya aku resmi idle. Menikmasi waktu luang yang ada bersama keluarga tercinta di kampung halaman sebelum kembali struggle mencari pekerjaan lain. Banyak pengalaman yang bisa kuceritakan sama adik-adik dan ibunda ku. Cerita perjalanan ku selama menjelajahi sepanjang daerah dari jawa timur hingga pusat keraton di Jogjakarta Jawa Tengah, bagaimana kehidupan ku di Jakarta selama dua bulan tinggal bersama saudara ibu yang sudah lama menetap di ibukota.
Hari ketiga setelah lebaran aku kembali menerima telpon dari Mr.Chang. tidak hanya sebatas mengucapkan selamat hari raya idul fitri, beliau juga menawarkan kesempatan bergabung kembali dengan perusahaan rekanan mereka di Jakarta untuk area kerja Makassar, Sulawesi selatan. Project dan jobdesk nya sama, tapi sedikit chalange karena posisi yang beliau tawarkan sudah sedikit lebih sulit. Aku diperayakan menjadi team leader di PT. Qutec Global untuk signal quality PT.Smartfren Indonesia bagian timur. Aku meminta waktu sampai besok untuk meminta restu orang tua, beliau mengerti dan menunggu besok pagi.

Tidak begitu sulit bagiku untuk memutuskannya, karena aku sangat antusias dengan tawaran Mr.Chang kemarin, namun aku harus minta pendapat ayahanda dan ibunda sekaligus kusempurnakan dengan shalat istikharah untuk mengharapkan pekerjaan baru ini di Ridhoi Allah SWT. Ternyata gayung bersambut ayahanda dan ibunda mendukung keputusanku, walaupun ibunda sedikit cemas karena aku akan pergi ke tempat yang lebih jauh lagi yakni ke bagian timur Indonesia. Esoknya kusampaikan kepada Mr.Chang bahwa aku setuju. Beliau juga segera mengurus administrasi dan tiket sesuai tanggal yang ditentukan. Telebih dahulu akan bertolak dari Banda Aceh menuju Jakarta. Di Jakarta aku harus menemui manager dan Kantor baru tempat aku bekerja. Kemudian diberangkatkan lagi ke Ujung Pandang.

Allah SWT telah menggariskan bagian rezeki masing-masing hambanya. Tinggal bagaimana kita menyambut semua itu dengan menyingsingkan lengan baju atau tangan ditopang didagu. Hidup itu terkadang dibawah kadang di atas, tercebur lumpur sewaktu hancur, bermandi hujan dikala jaya. Tetap semangat dan jangan lupa berdoa kepada pemilik segalanya.

Satu pemikiran pada “Leave the one get the one

  1. Penuh haru dan hikmah..
    inspiratif banget khususnya buat yang Lg ngadepin haL yg serupa..: )
    “you are a strong man”

Tinggalkan Balasan

