Icon Kota

Gambar

Hampir semua kota-kota yang menarik untuk dikunjungi di Indonesia mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal, nasional bahkan internasional. Indonesia adalah surga dari berbagai keindahan alam nya, tidak heran banyak wisatawan mancanegara menjadikan Indonesia sebagai pilihan berliburan. Diantara tempat termasyur tersebut seperti Bali, Lombok, wakatobi dan masih banyak lagi tentunya.

 

Disamping keunggulan pesona wisata utama seperti pantai, gunung, danau dan lainnya. Setiap kota  mempunyai icon kota sebagai simbol kebanggaan kota. Beragam jenis yang bias dijadikan sebagai icon kota mulai dari tempat bersejarah berbentuk tugu seperti di Jogja, atau Mesjid Besar di Banda Aceh, bahkan icon tersebut mewakili Negara seperti Monumen Nasional atau Monas di Jakarta, sebagai bukti bangsa yang besar dan berkarakter.

Banyak mamfaat yang bisa kita rasakan dengan adanya icon kota ini. Diantaranya, kota mempunyai lambang kebanggaan dan bernilai untuk menarik wisman, green place kota juga menjadi luas karena banyak warga kota menjadikan tempat tersebut sebagai tempat santai berkumpul di sore hari dengan keluarga, sarana tempat bermain dan belajar bagi anak-anak. Dan sebenarnya fungsi nya kan menjadi sama dengan fungsi taman kota. Semakin luas kota semakin sedikit ruang hijau di kota tersebut. Hal itu sudah terbukti di semua kota-kota besar di Indonesia. Perencanaan kota tidak berjangka panjang, terjerumus oleh godaan pajak bangunan besar seperti mall-mall. Sehingga kota semakin kesulitan mempertahankan ruang hijau sebagai jantung kota.

 

Saat ini setiap ibukota provinsi berlomba-lomba untuk mendapatkan piagam adipura dari Negara sebagai kota terbersih dan kategori lainnya.  Piagam seperti ini nantinya akan menjadi prestasi yang memambanggakan sehingga dijadikan icon di tengah kota.

 

Saya akan mengingat icon kota apa saja yang pernah saya singgahi. Lets see.. dimulai dari provinsi paling barat yakni ACEH terdapat Mesjid Raya Baiturrahman di kota Banda Aceh, Mesjid besar mempunyai nilai historis bagi provinsi aceh. SUMUT dengan kota Medan nya memiliki Mesjid Raya dan Istana Maimun bukti peninggalan Melayu deli. SUMBAR terdapat museum besar berbentuk rumah adat minangkabau yang didalamnya terdapat semua hal tentang suku minangkabau, di kabupaten kota nya ada Jam Gadang di jantung kota Bukit Tinggi. Riau, Sumsel, jambi dan lampung saya tidak mengetahui banyak, karena saya sendiri belum pernah mengunjungi kota tersebut.

 

Beralih ke pulau Jawa terdapat Monas di Ibukota Negara, Gedung sate di Bandung, monument hiu dan buaya di Surabaya, tugu kota di perempatan kota jogja dan area keratonnya serta sebuah taman kota yang memliki dua pohon besar yang sering menjadi pembuktian bagi setiap pengunjung jika mata tertutup pengunjung harus berjalan dari bibir lapangan dan harus melewati pertengahan antara dua pohon besar tersebut, jika mampu melewati nya maka dipercaya pengunjung tersebut mempunyai pikiran dan hati yang bersih. Begitulah mitos nya. Cukup banyak spot-spot icon di kota Jogjakarta, saya belum lagi menyebutkan prambanan dan candi Borobudur di kabupaten magelang. Sebahagian besar kota besar di jawa timur memliki simbol sejarah kota merangkap dengan taman kota seperti di kota Malang, kediri dan Jember. Seperti gambar di bawah ini adalah bentuk ornament candi yang setiap sisi nya berlukiskan cerita rakyat Kota Kediri. Tempat ini bernama Gumul. Tempat kebanggan masyarakan kota Pabrik Rokok tersebut.

Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s