Metro Ethernet

Jaringan Metro Ethernet umumnya didefinisikan sebagai jembatan dari suatu jaringan atau menghubungkan wilayah yang terpisah bisa juga menghubungkan LAN dengan WAN atau backbone network yang umumnya dimiliki oleh service provider. Jaringan Metro Ethernet menyediakan layanan-layanan menggunakan Ethernet sebagai core protocol dan aplikasi broadband.

Metro Ethernet sebenarnya sama dengan Ethernet atau Fast Ethernet pada LAN (Local Area Network) tetapi perbedaannya adalah LAN hanya pada satu gedung sedangkan Metro Ethernet ini adalah untuk menghubungkan dua LAN pada gedung yang berbeda. Sehingga Metro Ethernet dapat digabungkan menjadi kelompok WAN walaupun pada mulanya adalah teknologi LAN.

Pelayanan Metro Ethernet sekarang menawarkan dengan cakupan (jarak) jauh dari penyedia jasa. Beberapa penyedia jasa telah memperluas pelayanan Ethernet melebihi area metropolitan dan melintasi area yang luas. Seribu pelanggan telah siap menggunakan pelayanan Ethernet dan jumlah mereka meningkat dengan cepat.

Pelanggan ini telah tertarik oleh keuntungan dari pelayanan Ethernet, termasuk:

• Kesenangan dari penggunaan

• Hemat biaya/efektifitas harga

• Fleksibelitas (sifat lentur)

PT indosat salah satu provider telekomunikasi yang menggunakan teknologi ini. PT Indosat Tbk memperluas jaringan komunikasi data metro ethernet miliknya dari 14 ke 46 kota di Indonesia hingga akhir 2007. Hal ini untuk memertahankan pelanggan dan membidik pelanggan korporasi baru. menurut terkini.com. sebelumnya PT indosat mempunyai router metro hanya di kota-kota besar di indonesia dengan dilengkapi jaringan serat optik.

jaringan metro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s