Frekuensi GSM 900/1800 mHz

Assalamualaikum.

Judul diatas pastinya sudah tidak asing bagi anda yang mempunyai handphone. yup, frekuensi dari yang digunakan pada jaringan seluler tepatnya.

timbul pertanyaan..kenapa sih tidak menggunakan frekuensi 900 mHz atau 1800 mHz??

sebelumnya kita mundur kebelakang, mengetahui latar belakang dan sejarah GSM sedikit. ya iya la wan!! masa’ mundur kedepan! aya-aya wae.:)

Di Eropa, pada awalnya GSM didesign untuk beroperasi pada band frekwensi 900 MHz, dimana untuk frekwensi uplinknya digunakan frekwensi 890-915 MHz, dan frekwensi downlinknya menggunakan frewkwensi 935 – 960 MHz. Dengan bandwidth sebesar 25 MHZ yang digunakan ini (915 – 890 = 960 – 935 = 25 MHz), dan lebar kanal sebasar 200 kHz, maka akan didapat 125 kanal, dimana 124 kanal digunakan untuk voice dan 1 kanal untuk signaling.

Pada perkembangannya, jumlah kanal sebanyak 124 kanal tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan yang disebabkan pesatnya pertambahan jumlah subscriber. Untuk memenuhi kebutuhan kanal yang lebih banyak ini, maka regulator GSM di Eropa mencoba menggunakan tambahan frekwensi untuk GSM pada band frekwensi di range 1800 MHZ, yaitu band frekwensi pada 1710-1785 MHz sebagai frekwensi uplink dan frekwensi 1805-1880 MHZ sebagai frekwensi downlinknya. Kemudian GSM dengan band frekwensi 1800 MHZ ini dikenal dengan sebutan GSM 1800. Pada GSM 1800 ini tersedia bandwidth sebesar 75 MHz (1880-1805 = 1785-1710 = 75 MHz). Dengan lebar kanal tetap sama seperti GSM 900, yaitu 200 KHz, maka pada GSM 1900 akan tersedia kanal sebanyak 375 kanal.

GSM yang awalnya hanya digunakan di Eropa, kemudian meluas ke Asia dan Amerika. Di Amerika Utara, dimana sebelumnya sudah berkembang teknologi lain yang menggunakan frekwensi 900 MHZ dan juga 1800 MHz, sehingga frekwensi ini tidak dapat lagi digunakan untuk GSM. Maka regulator telekomunikasi di sini memberikan alokasi frekwensi 1900 MHZ untuk peng-implementasian GSM di Amerika Utara. Pada GSM 1900 ini, digunakan frekwensi 1930-1990 MHz sebagai frewkwensi downlink dan frekwensi 1850-1910 MHz sebagai frewkwensi uplinknya. Spesifikasi lengkap tentang GSM 900, GSM 1800, dan GSM 1800 dapat dilihat di table di bawah ini.

Teknologi GSM yang kita pakai saat ini menggunakan frekuensi 900 mHz dengan daya jangkau 1,5 km sampai 2 km saja. Akan tetapi, daya jangkau itu dapat diperluas dengan menggunakan antena payung yang tinggi (umbrella). Dengan penggunaan antena payung, jarak jangkau GSM dapat mencapai 35 km.

Setelah era GSM 900 mHz muncul lagi sebuah teknologi baru dalam dunia telepon selular yaitu PCS/PCN. Sistem PCS/PCN (personal communication system/network) atau yang lebih dikenal dengan nama GSM 1800, sebenarnya bukanlah teknologi baru. Pada dasarnya sistem ini sama dengan GSM, hanya frekuensi yang digunakan lebih tinggi yaitu 1.800/1.900 mHz. Berbeda dengan GSM yang memakai frekuensi 900 mHz, PCN merupakan nama yang diberikan oleh kalangan operator Eropa yang menggunakan frekuensi 1.800 mHz atau biasa disebut DCS (digital cellular system). Sementara itu PCS digunakan di Amerika, dengan frekuensi 1.900 mHz. Di lain pihak, PHS merupakan standar Jepang yang sudah tersebar ke berbagai negara di dunia.

dengan DSC(Digital Cellular System). Dengan frekuensi tersebut, akan dicapai kapasitas pelanggan yang semakin besar per satuan sel. Selain itu, dengan luas sel yang semakin kecil akan dapat menurunkan kekuatan daya pancar handphone, sehingga bahaya radiasi yang timbul terhadap organ kepala akan dapat di kurangi.

Akan tetapi, mutu lebih baik yang ditawarkan PCS tidak sebanding dengan daya jangkaunya yang relatif sempit. Menurut penelitian, daya jangkau teknologi PCS hanya mencapai 200 meter hingga 8 kilometer. Bahkan sistem PHS mempunyai daya jangkau lebih sempit, yaitu hanya berkisar pada radius 200 sampai 500 meter saja. Untuk menanggulangi kekurangan itu perlu dibuat jaringan BTS yang lebih banyak dan rapat sehingga drop call atau blank spot yang disebabkan oleh jarak jangkau PCS yang sempit dapat tertutupi.
Dengan demikian, proses migrasi dari sistem GSM ke PCN hanya merupakan sebuah perubahan frekuensi, sedangkan sistemnya tidak berubah. Hal ini berbeda ketika sistem NMT dan AMPS yang analog diganti dengan sistem GSM yang digital. NMT dan AMPS memang tidak mempunyai sambungan ke teknologi digital GSM sehingga kedua teknologi itu tidak dapat digunakan. Adapun teknologi GSM dapat dikatakan masih merupakan satu teknologi dengan PCS atau GSM 1.800. Yang membedakan keduanya adalah dalam penggunaan frekuensi. Hal ini memungkinkan kartu SIM (subscriber identification module) GSM 900 juga dapat digunakan pada pesawat PCN. Bahkan saat ini telah tersedia jenis-jenis ponsel yang dapat digunakan pada kedua frekuensi tersebut. Jadi, jika Anda pengguna GSM 900, jangan terlalu khawatir dengan munculnya teknologi baru ini.(D. RUSDIANTO ERAWAN)

12 pemikiran pada “Frekuensi GSM 900/1800 mHz

  1. ehmmm…
    mau nanya… kalo frekuensi yang digunakan di Jepang di frekuensi mana. Misalnya kita pake HP nokia support 3G, bisa ga? (btw Nokia 6120 udah 3G kan???)

  2. numpang nanya.. jumlah kanal sgnaling pada gsm 1800 dan 1900 berapa sih??

  3. @JOHAN
    Secara historis, untuk sistem radio bergerak digunakan dua pita frekuensi pokok yakni 900MHz di Eropa dan 800MHz di Amerika Utara. sebagian besar negara-negara di Asia menggunakan keduanya. Standar analog yang dominan untuk frekuensi 900MHz, yang dikenal dgn GSM. ada juga frek 1800Mhz > DSC.
    Jepang memiliki alokasi frekuensi sendiri, dengan dua teknologi analog yang berbeda serta sistem digital PDC-nya. belum tahu saya kisaran brapa frekusensi yang digunakan.
    3G!! bisa karena setiap teknologi di upgrade ke teknologi yang terbaru, seperti dari yeknologi 2g ke 3G. yang perlu di ingat standar mobile yang digunakan diatas tidak kompetible, artinya jika kita menggunakan GSM tidak bisa menerima panggilam D-AMPS. sebaliknya.

  4. setelah saya baca2, saya masih bingung masalah kanal.di atas dijelaskan untuk GSM900 ada 125 kanal, untuk voice 124 kanal dan 1 kanal untuk signaling. yang ingin saya tanyakan apakah 125 kanal itu digunakan untuk satu sel/sektoral atau untuk semua sel dalam 1 MSC, trus yang 1 kanal itu dimana digunakan dan apa ada hubungannya dengan sistem signaling (SS7)..

  5. nice iLmu bro,
    Membantu sangat, thanks,

  6. kalo di indonesia frek GSM yg dipakai,berapa?cz rencana mw beli HP dr luar

  7. materinya sangat membantu

    salam dri keluarga smpn 1 takeran

  8. Mau nanya Mas dalam 1 kamal terdiri atau berapa banyak no SIM, atau 1 NO berapa lebar ban nya. Trims, saya ini orang awam mau tau ssja

  9. Thanks materinya sangat membantu

  10. Nice info,
    Terimakasih telah berbagi.

  11. Wah bg kul donk rupanya…
    mantap bg ..
    Succes

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s