Membuat boot list Windows

Assalamualaikum.

hari ini tanggal 22 agustus. hari yang kurang begitu cerah, semalaman ujan melulu..

kebiasaan setiap pagi update ubuntu. lumayan lama nunggu nya. setelah kira-kira satu jam akhirnya selesai juga. tapi… karena suatu hal diriku beralih ke windows sekejap, yang kudapatkan waktu booting tidak ada pilihan untuk boot ke windows, yang ada hanya ubuntu semua..

bagus la…artinya ada satu masalah yang harus aku selesaikan, jika ini berhasil aku atasi aku akan lebih semangat untuk memecahkan problem-problem yang ada di linux khususnya dan semua masalah umumnya..:)

oke deh.

yang diriku ingat untuk mengubah list booting, ada di linux.

pertama diriku masuk ke OS ubuntu.

membuka terminal

sudo gedit /boot/grub/menu.lst

menu.lst

menu.lst

dan ternyata benar dugaan saya, pilhan untuk boot windows hilang entah kemana, mungkin ini terjadi pada saat diriku update ubuntu.
kemudian diriku menambahkan perintah

titile    kuldonk Xp

root     (hd0.0)

makeactive

chainloader  +1

saya simpan, dan saya restart

alhasil ada pilihan untuk masuk ke windows, tapi gak bisa juga masuk, ada error dimana gtu…

ya udah la.. saya reboot lagi, setelah itu pada tampilan list booting ada opsi untuk mengedit, menghapus, manmbahkan isi boot list dari masing OS.

boot list

boot list

diriku berada langsung mengedit dengan menekan tombol

e

hasil yang tampak sperti ini

titile    kuldonk Xp

root     (hd0.0)

makeactive

chainloader  +1

diriku mengubah root (hd0,0) menjadi root (hd0,1)

root     (hd0.1)

makeactive

chainloader  +1

dan menekan tombol “b”

b

akhirnnya berhasil masuk ke windows..

dah ah..

thanks udah baca:)

4 pemikiran pada “Membuat boot list Windows

  1. Nice info….😀

  2. Thanks… Nanti aku coba. Moga berhasil

  3. Rahmanul hakim*
    insyaAllah berhasil.:)

  4. mas.. aku kok ngak bisa ya… aku duah coba ganti
    hd(0,0) jadi hd(0,1)… bahkan aku ciba terus sampai hd(0,9)

    yang ada malah pesan coment sebagai berikut :

    Error 12 : Invaldi Device requested

Tinggalkan Balasan

