Antena Base Station

BTS

BTS

Assalamualaikum.

Sering tanpa kita sadari, timbul pertanyaan pada saat kita memperhatikan BTS. begitu banyak nya BTS menjamur di sekeliling kita, pasti ingin tau rasanya, apasih di puncaknya itu, kenapa sih ada antena yang kayak lebih

mirip lampu neon yang panjang dan ada juga yang kayak rebana lagi hehehe.. tapi kali ini saya tidak menjelaskan itu smua, hanya antena Base station.

antena omni

antena omni

Antena pada BTS atau bahasa kerennya Antena Basa Station. Antena Base Station adalah antena yang dipasang pada BTS, Antena yang digunakan bisa omni ataupun directional. biasa untuk perencanaan awal tingkat awal digunakan omni. perlu diketahui bahwa semakin sedikit antena yang dibutuhkan maka akan semakin ringan yang harus dipasang.

Untuk memasang jaringan telekomunikasi seluler pada suatu daerah maka pertama kali dilakukan pemetaan atas daerah tersebut menjadi sejumlah wilayah kecil yang disebut sel. Setiap sel berbentuk hexagon (segi enam) yang saling berimpit satu sama lain membentuk pola seperti sarang lebah yang melingkupi daerah tersebut.<
Ukuran wilayah sel umumnya bervariasi dari radius 2 mil hingga 10 mil tergantung pada keadaan topografi, kepadatan bangunan dan tingkat keramaian jalur komunikasi.>

Dari peta formasi sarang lebah dari sel selanjutnya ditentukan sejumlah titik-titik sudut pada pertemuan antara tiga sel sebagai sel site. Sel site merupakan lokasi pemasangan stasiun telekomunikasi radio seluler yang disebut base station.

3 sektoral

3 sektoral

Setiap base station dilengkapi dengan piranti komunikasi radio seluler berupa sistem radio transceiver yang terkomputerisasi yang bekerja pada kisaran frekuensi 800 atau 1900 MHz beserta menara dan antena transmisi.

3 sektor

3 sektor

Setiap sel umumnya dibagi dalam tiga sektor. Antena base station memancarkan sinyal transmisi berdaya rendah yang daerah cakupannya hanya sebuah sektor pada setiap sel yang terletak di sekitar base station. Sedangkan daerah sektor sel yang lain akan dicakup oleh sinyal dari base station lain yang terdekat. sumber

Untuk trafik biasanya digunakan antena sektoral untuk mendapatkan trafik yang lebih banyak pasa sisi sel tertentu, dan akan mengurangi dampak interferensi dari sel lain.

antena dibutuhkan untuk mendapatkan area yang diinginkan dan meminimalisasi level interferensi. pengurangan level interferensi akan dapat mgningkatkan kapasitas dan performansi sel. pada sistem frekuensi re-use yang digunakan pada sistem (AMPS, GSM, USDC) dapat diontrol terjadinya interferensi denan pengesetan frekuesi yang digunakan untk jarak-jarak terdekat. Untuk CDMA, karena menggunakan frekuensi yang sama, faktor interferensi juga mendukung kapasitas sel.

8 pemikiran pada “Antena Base Station

  1. trimakasih bg
    saya juga menambahkan blog abg di sidebar blog ini. bolehkan:)
    salam ittelkom/pinguin.

  2. mau naya apa bedanya antenna omni dan directional. thx

  3. to diana :
    secara umum. yang berbentuk omni (seperti tiang) >> menyebarkan sinyal ke seluruh arah)
    sedangkan yang directional (seperti parabola ke arah tertentu).
    pada omni sudut pancar 360 derjat, kalau directional ke arah tertentu.

    CMIIW:)

  4. kenapa antenannya mesti ke satu arah???
    tolong banget ya….tugas ilmu komputer uyyyy

  5. karena pada BTS, antenna minilink(kyk rebana) itu antena yang lgsung mengarahkan ke BSC. jadi sifatnya point ti point.
    seperti parabola TV juga mengarah ke satelit dgn koordinat tertentu.

    CMIIW

  6. just interrupt..

    antena minilink g cuma mancar langsung ke BSC, tapi juga ke BTS lain yang berhubungan..

    Blajar lagi ya..

  7. fani*
    yup. benar sekali mbak,bu,kak,dek. hehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s