Roaming dalam Komunikasi Seluler

Dalam komunikasi seluler kita mengenal kata roaming. Sebenarnya apa sih arti roaming?

Roaming adalah proses pergantian layanan dari Home Network ke Other Network. Nah, masalahnya adalah di negara kita ini, istilah roaming telah disalah kaprahkan menjadi perpindahan lokasi layanan. Pengertian Home Network di sini diartikan sebagai jaringan tempat di mana nomor pelanggan itu diterbitkan, sedangkan wilayah lain akan menjadi jaringan untuk roaming.

Tentu saja hal ini harus diklarifikasi oleh para pakar dan pelaku bisnis telekomunikasi. Roaming seharusnya diartikan sebagai perpindahan suatu pelanggan dari jaringan milik operator asal (Home Network) ke jaringan milik operator lain. Masalah yang dihadapi adalah, di negara kita belum ada kerjasama untuk melakukan roaming antar operator sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan roaming tersebut.

Sebagai contoh:
User A adalah pelanggan operator ZZZ di kota Yogyakarta.
Dengan menggunakan definisi roaming yang benar, maka user A akan dikatakan melakukan roaming jika dia menggunakan jaringan milik operator YYY di manapun dia berada, tidak peduli dia masih di Yogyakarta, ataukah pergi keluar kota, bahkan keluar negeri.

Dengan menggunakan definisi roaming di Indonesia sekarang, makan user A dikatakan melakukan roaming ketika dia pergi keluar kota, misal ke kota Jakarta dan masih tetap menggunakan jaringan milik operator ZZZ. Mekanisme penggunaan jaringan bersama memang belum diterapkan di Indonesia. Di luar negeri, user bisa bebas memilih untuk menggunakan operator mana yang akan digunakannya saat akan melakukan panggilan.

Kira-kira, kapan ya di Indonesia diterapkan seperti itu? P

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s