Menara Seluler Bersama

Operator seluler Telkomsel tengah menyiapkan unit khusus yang nantinya akan mengurusi segala keperluan sharing infrastruktur telekomunikasi seperti yang telah diwajibkan pemerintah.

Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja belum mau berkomentar banyak mengenai kebijakan sharing infrastruktur tersebut. Namun, ia mengaku akan mempelajari terlebih dahulu konsep dan bentuk kerjasama bisnisnya.

“Mengenai sharing tower kami akan melihat dulu bagaimana konsep dan bentuknya. Ada wacana mengenai jual tower, kami akan lebih dari sekadar menjual tower. Kita bisa melakukan konteks ‘jual tower’ dalam bentuk sharing tower, network, layanan, space atau kapasitas. Ini akan dilihat dulu konteksnya apa. Yang jelas kami akan mengembangkan semacam unit khusus untuk menangani hal ini,” jelasnya

Pemerintah sendiri berencana menjalank

menara

an kebijakan penggunaan infrastruktur telekomunikasi bersama mulai 2009 mendatang, di mana dalam satu menara wajib ditempati oleh dua operator.

“Ke depan, bisa saja operator lain yang datang kepada kami. Ini yang nanti akan jadi kajian Apakah kerjasama akan dibatasi di wilayah Jawa saja atau di luar Jawa, akan kita lihat nanti. Akan kita lihat juga, misalnya, bagaimana skemanya,” tukas Kiskenda.

Jika dilihat dari kepemilikan infrastruktur, sudah pasti Telkomsel merupakan yang terbanyak bila dibandingkan operator telekomunikasi lainnya. Hingga akhir tahun 2007, operator yang memiliki pelanggan seluler sebanyak 47 juta itu telah memiliki 20 ribu unit pemancar telekomunikasi BTS, dan akan ditambah 5.000 unit lagi di 2008 ini.

Sedangkan Indosat dan XL yang merupakan operator seluler terbesar kedua dan ketiga, masing-masing kini memiliki infrastruktur BTS sekitar 11 ribu unit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s