Perangkat BTS

Assalamulaikum.
huuh…

ramadhan yang ke 8, alhamdulilah diriku masih bersyukur masih dapat posting sampai dgn detik ini, artinya diriku masih diberi kesempatan berbenah dan mengupdate amalan2 di bulan yang suci ini.
latar blakang timbulnya niat posting ttg BTS berawal dari baca buku konsep seluler by pak gunawan wibisono. buku ini menemani diriku terlelap sampai pada jam 04:00 diriku bangun sahur..(dibanguni) tersentak!! krna gedoran anak kost kyk ada yang kebakaran, trus makan and blablablabla……..
slsai subuh,setelah cepek cari,searcing sana,searching sini akhirnya lumayan dapat info juga. sedikit banyaknya untuk BTS makin yoi la..
lgsung ke TKP..

about BTS
mulai dari tower dulu :
tower BTS (bentuknya persegi panjang), ada yang tiangnya empat sperti milik telkomsel dan indosat dan ada juga yang tiang pondasinya tiga kyk XL yang sering tapi ini gak slalu. tergantung kbutuhan operator seluler masing2.. berfungsi mengakomodasi hubungan antara Mobile equipment (hp) dan perangkat BTS yang terhubung dengan antenna tsb.
antena :
Antenna BTS secara umum ada dua type : OMNI antenna dan PANEL antenna.
Antenna yg berbentuk Parabola adalah antenna untuk Microwave (Transmission system). Ada macam-macam antenna utk MW: Grid pack, horn,etc.) Salah satu fungsi penutup tersebut untuk melindungi element didalam antenna, untuk menahan tiupan angin. untuk fungsi biasanya untuk mengakomodasi hubungan antara BTS dan BSC. Output power untuk BTS. disni paket data yang dikirim dari BTS>>BSC.untuk perangkat radio MW, biasanya sekitar 27 dBm atau 0.5W (untuk frek. 7 atau 8 GHz), dan sekitar 25 atau 23 dBm (untuk frek. yang lebih tinggi). Tapi, output power dari perangkat radio MW, juga tergantung lebar bidang (bandwidth) yang dipancarkan. Semakin besar bandwidhtnya, semakin kecil output powernya.
Pada antenna Microwave (MW) Radio, yang bentuknya seperti rebana genderang, itu termasuk jenis high performance antenna. Biasanya ada 2 brand, yaitu Andrew and RFS. Ciri khas dari antenna high performance ini adalah bentuknya yang seperti gendang, dan terdapat penutupnya, yang disebut radome. Fungsi radome antara lain untuk melindungi komponen antenna tsb, dari perubahan cuaca sekitarnya.
Antenna GSM bisa dual band bisa juga single band. Jadi utk antenna dualband, GSM900 dan GSM1800 BTS bisa diconnect ke antenna yang sama. Kalau pake single band antenna, biasanya antenna GSM900 lebih besar daripada antenna GSM1800 (dari prinsip dipole antenna = 1/2 lambda) ini sering kita liat dibawah antena sektoral pada BTS. klo ngamati yaa, klo gak ya lupakan aja..hehehe. Transmisi untuk BTS sebagian besar memakai MW atau leased line, jarang ynag memakai Fibre Optic, alasannya nggak efisien dg FO, krn 1 BTS umumnya hanya membutuhkan 1x2Mb link.

perangkat dalam :

Perangkat yang ada didalam Shelter site : BTS, Microwave indoor unit dan Rectifier system.ruangan ber-AC dg tujuan untuk menjaga suhu didalam ruangan pada suhu optimum (+20C) sehingga life time equipment akan terjaga.
BTS biasanya dicatu dengan DC supply (-48 V), yang dihasilakn oleh Rectifier system. Rcetifier system ini dilengkapi dengan battery yang akan memback-up systam bial main PLN mati, biasanya back-up time berkisar antara 2 – 4 jam tergantung dari desainnya.
*******pemandu gelombang (Wave Guiding) diaplikasikan ke jalur transmisinya dalam 1 BTS, Pemandu Gelombang merupakan media solid (bukan udara) yang digunakan untuk mengantarkan gelombang microwave (RF). Penggunaan secara praktis (dilapangan), wave guide ini biasa juga disebut sebagai feeder. Wave Guide ini digunakan pada radio MW yang full indoor ==> biasanya untuk kapasitas transmisi yang besar, sampai dengan NxSTM-1 (dimana N=bilangan bulat, Sedangkan, untuk radio MW yang mempunyai kapasitas agak kecil, sampai 16×2 Mbps (16 E1), biasanya menggunakan radio MW indoor dan outdoor type. Nah, interface antara indoor unit (IDU) dan oudoor unit (ODU), biasanya menggunakan coaxial cable (IF cable), karena gelombang yang pancarkan dari IDU ke ODU adalah pada level IF. Dari ODU ke antenna, biasanya langsung menempel (untuk frek. lebih dari 10 GHz), jadi tidak dibutuhkan pemandu gelombang. Sedangkan untuk frek. 7 atau 8 GHz, dimana ODU dan antenna tidak menempel, digunakan low loss cable, untuk menghantarkan gelombang RF, dari ODU ke antenna. Meskipun demikian, tren yang ada saat ini, MW radio yang tidak full indoor type, sudah bisa mengakomodasi traffic sampai level STM-1.
untuk yg di atas ini, saya juga blum tau banyak.******

perbedaan BTS dan BSC (Base Station Controller) :
Karena BSC merupakan “Controller” dari BTS, jadi BSC ini dikoneksikan dengan beberapa BTS, sehingga yang “agak tampak dari luar” adalah BSC site biasanya punya Antenna MW transmisi yang lebih banyak. Juga Site BSC biasanya lebih besar, dengan adanya perangkat Genset, TRS yang lebih banyak dst
Grounding BTS berbeda dg penangkal petir. Fungsi utama dari grounding untuk menjaga impedansi tetap stabil, mencegah kebocoran rambatan listrik.

“”Interkoneksi BTS<->BSC<->MSC, biasanya masih menggunakan MW radio ==> ini hanya pada level phisical layer (OSI layer 1). Oya, persinyalan antara BTS<->BSC adalah proprietary, maksudnya setiap vendor (ericsson, nokia, siemens, alcatel, huawei, etc.) mempunyai protokol khusus tersendiri. Jadi, BTS-nya ericsson, nggak bakalan bisa dihubungkan ke BSC-nya nokia, dan sebaliknya. Sedangkan untuk interkoneksi BSC<->MSC, biasanya menggunakan MW radio dengan kapasitas lebih besar, atau menggunakan fiber optik. Nah, kalo dari BSC ke MSC, itu sudah ada pengaturan persinyalannya. Biasanya disebut CCS-7 (common channel signalling, versi 7). tapi kalo udah ada yang versi 8, Jadi, BSC nokia, bisa aja dikoneksikan ke MSC-nya ericsson atau siemens. Begitu juga sebaliknya. Oya, interface dari BTS ke BSC adalah E1, sedangkan dari BSC ke MSC, biasanya juga E1. Tapi ada juga yang mesti STM-1. Tergantung spesifikasi dari masing-masing vendor.”””

untuk yg di atas ini, saya juga blum tau banyak.

so kita sama2 blajar, share ilmu, apalagi di bulan yang suci ini, stiap amalan yang kita lakukan akan di lipatgandakan. amien..smoga bermafaat.

before, thanks to mas riyantoro dan friends forum telecomers TE UGM.

CMIIW

About these ads

23 pemikiran pada “Perangkat BTS

  1. saya tidak ada komentar, tapi saya mau tanyak ni? E1 yg di keluarkan dari antena masuk ke MMU trus dari MMU di keluarkan ke DDF,trus terjadilah RX, trus kita keluarkan ke Antena GSM atau di sebut pemancar Signal, yg jadi pertanyaan saya adalah : brapa E1 yang bisa dikeluarkan MMU. tanks, smoga pertanyaan sayaini dapat di maklumi karna saya masih baru mengenal prangkat telekomunikasi selular ini.

  2. wah pertanyaannya bague euy..sekarang tergantung aja, mau berapa E1 sekarang untuk BTS tersebut, beberapa operator sekarang sudah menerapkan 7E1 untuk HSXPA

  3. saya pengalaman 1 thn kerja di bagian radio, tapi skarang saya lagi ngangur. kalo boleh saya tanya, ada tidak lowongan di perusahaan bapak?

  4. Saya ingin tanya, bisa di jabarkan ttg konfigurasi perangkat BTS yg 2G..?

    vendor nya yang anda kuasai..

    Terima Kasih

  5. mas klo boleh tau judul bukunya apa y???
    pengarang nya siapa???
    klo di gramedia kira2 ada g y???
    tararengkyu

    • referensi saya kebanyakan dari buku “teknologi seluler”
      penerbitnya saya lupa, penulisnya dosen ahli telkom dari ITTtelkom, UGM dan UI klo ndak salah. salah satu penulisnya bpk Uke Kurniawan Usman.
      di gramedia spertinya ada tuh…
      isinya bukunya tidak kaku hanya dengan teori-teori tetapi lebih ke aplikatif secara teknis lapangan.
      hayo buruan beli..hehe..

  6. oh iya nambah lagi
    tolong judul buku ma pengarangnya di kirim ke email aj yak
    hehehe…

  7. mas tonglong kasi tau dong gambar2 perngkat /hardware nya ma fungsina untuk BTS apa ja sie.

  8. @SEP
    good idea…
    saya juga berencana akan posting.
    ditunggu saja deh. hehe..

  9. pusing….mungkin karena aku baru pkl aja,merhatiin perangkat dalam bts,apalagi kalu di bsc,tolong jelasin dong perngkat-pwerngkat di bsc….heeee

  10. mas,,tolong jelaskan tentang perangkat radio yang da pada BTS dong,untuk tugas laporan.tolong ya mas.
    atau kirim ke email ja mas.
    maksih

  11. thx om dah share..maklum newbie..
    bsk2 ane pantau blog ente ya..for share ilmu ;))
    suwun gan

  12. saya mo nanya ni.:.apa sih bagian-bagian peralatan pendukung power system di BTS
    dan hubungan antara komponen-komponen tersebut…terima kasih…

  13. Asll.. WW.
    Tolong jelasin Dong Mas pengertian E1?

  14. Tolong Mas di jelasin hubungan BTS dengan E1, Mksh..

  15. bang, ane mau tanya” ttg cross connect bisa ga? ane lg mau bikin laporan PKL tt itu ne. tapi masi aga bingung… mohon bantuanx ya…

  16. mas aq mau tnya referensi bku tenteng telekomunikasi apa aja

  17. kirim kemail saya ya mas

  18. Mas waveguide yang dipake buat tiap2 provider di Indonesia tipe apa ya mas??mohon referensinya mas..
    Tolong dikirim ke email saya..terima kasih

  19. mas.. ijin nyedot ilmunya.. lagi cari2 tentang antena di yg dipake di BTS,, antena secara teori dan antena yg udah dibuat ama vendor.. hehe..
    kalo d MS pake antena apa aja ya yg bisa..??
    terimakasih mas sebelumnya.. :D

  20. mas ada gak buku2 tentang kelistrikan pada bts????
    mau cari referensi….thank ya ….
    amshol, kalo boleh email ke saya ya..

  21. Bos, pingin tahu dimensi dan berat perangkat yang digunakan XL

  22. mao tanya juga neh..
    kalo dalam 1E1 dapat melayani berapa pengguna singnal yg di saat yg bersamaan?
    thks…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s